Quality Control Circle (QCC) adalah suatu kegiatan dimana sekelompok karyawan yang bekerjasama dan melakukan pertemuan secara berkala dalam mengupayakan pengendalian mutu (kualitas) dengan cara mengidentifikasikan, menganalisis dan melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam pekerjaan dengan menggunakan alat-alat pengendalian mutu.
Menjalankan kualitas suatu produk perlu dilakukan standarisasi yang tepat, agar produk yang dihasilkan sesuai dengan permintaan konsumen. Perusahaan harus memperhatikan kualitas dari produknya. Demi kualitas dan kuantitas dari produk yang dihasilkan baik, perusahaan secara rutin melakukan kegiatan QCC, guna untuk menganalisis dari masalah-masalah yang ada di lapangan.
Quality Control Circle (QCC) biasanya juga dikenal sebagai gugus kendali mutu yaitu tim atau kelompok karyawan yang bekerjasama untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas produk perusahaan.
Sementara itu dalam melaksanakan QCC, tim QCC memerlukan metode Quality Control Circle (QCC), yaitu suatu metode yang dipakai untuk mengendalikan mutu produk dan mengurangi jumlah produk yang mengalami defect terkait banyaknya komplain konsumen.
Metode QCC ini sering digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu alat pendekatan dalam upaya menuju Total Quality Management.
Dalam pelaksanaan Quality Control Circle (QCC) lebih memfokuskan pada perbaikan (improving) yang dapat berguna untuk menekan kesalahan dan meminimalisir produk-produk yang cacat. Selain itu, berikut ini adalah sejumlah manfaat sekunder dari penerapan QCC yang dilakukan oleh kelompok kerja :